Sabtu, 13 November 2021

Beriman kepada Allah SWT, Sedekah, Amar ma'ruf nahi mungkar, Membantu orang yang teraniaya Menyingkirkan bahaya

Dirirwayatkan dari Abu Dzar ra, yang berkata, 'Aku bertanya kepada Rasulullah SAW, apa yang menyelamatkan seorang hamba dari neraka? Beliau bersabda, 'Beriman kepada Allah'. 'Aku berkata,'Wahai Nabi Allah, apakah ada amalan lain setelah iman?" Beliau bersabda,"Engkau memberikan sebagian karunia yang Allah berikan kepadamu dan engkau menyumbangkan rizki yang Allah anugerahkan kepadamu" Aku berkata,"Wahai Nabi Allah, lantas bagaimana seorang fakir yang tidak memiliki sesuatu yang bisa disumbangkan?" Beliau bersabda,"Hendaklah ia beramar ma'ruf nahi munkar" Aku berkata,"Jika ia tidak mampu menyuruh kepada yang ma'rug dan mencegah yang munkar?" Beliau bersabda,"Hendaknya ia membantu orang yang menganggur, yakni orang yang tidak mempunyai keterampilan atau tidak sanggup bekerja" Aku berkata,"Wahai Rasulullah bagaimana menurutmu jika ia tidak mempunyai keterampilan kerja?" Beliau bersabda,"Hendaklah ia membantu orang yang didzalimi". Aku berkata,"Wahai Nabi Allah bagaimana menurutmu jika ia lemah tidak mampu membantu orang yang didzalimi?" Beliau bersabda,"Engkau (orang yang) tak ingin meninggalkan suatu kebaikan untuk temanmu? Hendaklah dia tidak mengganggu (membahayakan) orang lain. Aku berkata,"Wahai Rasulullah bagaimana menurutmu jika ia telah melakukan hal ini, apakah amalan itu akan memasukkannya ke surga?" Beliau bersabda,"Tidak ada seorang mukmin pun melakukan salah satu amalan tersebut sampai ia wafat melainkan amalan itu akan memasukkannya ke surga" HR. Al Baihaqi, Ibnu Hibban (373), Al Hakim: 1/132 dan dishahihkan Al Albani dalan Shahih at Targhib wa Tarhib (876)